Saturday, October 12, 2019

Makalah Fiqih: Sholat Bagi Orang yang Sakit

0

Shalat Bagi Orang Sakit

DAFTAR ISI 

HALAMAN JUDUL ......................................................................................... i          
KATA PENGANTAR ....................................................................................... ii  
DAFTAR ISI ....................................................................................................... iii
BAB I
PENDAHULUAN ............................................................................................... 1
          A.     Latar Belakang ........................................................................................ 1 
          B.     Rumusan Masalah.................................................................................... 2
          C.     Tujuan ..................................................................................................... 2
BAB II
PEMBAHASAN  ................................................................................................. 3
          A.     Shalat dalam keadaan sakit .................................................................... 3
          B.     Shalat dengan duduk .............................................................................. 4
          C.     Sholat dengan berbaring.......................................................................... 5
          D.     Sholat dengan terlentang......................................................................... 6
E.      Tata cara sholat bagi orang sakit............................................................... 7
BAB III
PENUTUP ........................................................................................................... 9
Kesimpulan.......................................................................................................... 9

DAFTAR PUSTAKA............................................................................................ 10





BAB I
PENDAHULUAN

A.  Latar Belakang
“ Shalat dalam keadaan darurat ialah shalat yang dilaksanakan dalam keadaan yang menyulitkan seseorang untuk melaksanakannya sesuai dengan rukun-rukun shalat yang lengkap”. Dalam keadaan bagaimana pun, apapun,  dimana pun, dan kapan pun sebagai umat islam kita harus selalu mendirikan shalat. Begitu pun dengan Orang yang sakit tetap diwajibkan melaksanakan sholat fardu. Selama akal dan ingatan orang yang sakit masih sadar. Namun, kaum muslim yang kadang meninggalkan sholat dengan dalih sakit atau memaksakan diri sholat dengan tata-tata cara yang biasa dilakukan orang sehat. Akhirnya merasakan beratnya sholat bahkan merasakan hal itu sebagai beban yang menyusahkannya.
Sesungguhnya  telah jelas bahwa tidak ada satu pun beban syari’at yang diwajibkan kepada seorang di luar kemampuannya. Karena syari’at islam dibangun di atas dasar ilmu dan kemampuan orang yang dibebani. Allah Ta’ala sendiri menjelaskan hal ini dalam firman-Nya:                   لاَ يُكَلِّفُ اللّهُ نَفْساً إِلاَّ وُسْعَهَا
“Allah tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya,” (Qs. Al-Baqarah: 286).
Orang yang sakit tidak sama dengan yang sehat. Semua harus berusaha melaksanakan kewajibannya menurut kemampuan masing-masing. Sehingga nampaklah keindahan syari’at dan kemudahannya. Allah Ta’ala juga memerintahkan kaum muslimin untuk melaksanakan ketakwaan menurut kemampuan mereka dalam firman-Nya:                                    فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ
"Maka bertaqwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanmu” (Qs. At-Taghaabun/64:16)
Shalat adalah ibadah yang berhukum wajib. Wajib untuk dilaksanakan oleh setiap kaum muslim, baik laki- laki mau pun perempuan, yang telah terhukum wajib untuk melaksanakan. Oleh sebab itu. Sholat harus dilaksanakan, meskipun itu dalam kondisi tidak sehat atau sakit. Karna disaat sakit dan tidak bisa berdiri atau tidak sanggup berdiri maka diperbolehkan untuk sholat dengan duduk, begitu juga jika tidak mampu dengan duduk, maka boleh dilaksanakan dengan berbaring dan jika bebaring tak mampu untuk melaksanakan maka diperbolehkan dengan berbaring.karna agama islam adalah agama yang mudah dan tidak pernah mempersulit pemeluknya.
B.  Rumusan Masalah
1.      Apa yang dimaksud dengan Shalat dalam keadaan sakit?
2.      Apa yang dimaksud dengan Shalat dengan duduk?
3.      Apa yang dimaksud dengan Sholat dengan berbaring?
4.      Apa yang dimaksud dengan Sholat dengan terlentang?
5.      Bagaimana tata cara sholat bagi orang sakit?
C.  Tujuan
1.      Mengetahui Cara Shalat dalam keadaan sakit
2.      Mengetahui Cara Shalat dengan duduk
3.      Mengetahui Cara Sholat dengan berbaring
4.      Mengetahui Cara Sholat dengan terlentang
5.      Mengetahui tata cara sholat bagi orang sakit















BAB II
PEMBAHASAN

A.  Shalat Dalam Keadaan Sakit
“Shalat adalah ibadah yang wajib dilaksanakan. Ketika kita sakit pun kita wajib mendirikan sholat”. Orang yang sakit tetap wajib sholat diwaktunya dan melaksanakannya menurut kemampuannya[1], sebagaimana diperintahkan Allah Ta’ala dalam firman-Nya:             فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ
“Maka bertaqwalah kamu kepada Allah menurut kesanggupanm”. (Qs. At-Taghâbûn/ 64:16)  dan perintah Rasulullah shallallahu ‘alaihi wa sallam dalam hadits ‘Imrân bin Hushain:
كَانَتْ بِي بَوَاسِيرُ فَسَأَلْتُ النَّبِيَّ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ عَنْ الصَّلَاةِ فَقَالَ صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ
Pernah Penyakit wasir menimpaku, lalu akau bertanya kepada Nabi shallallahu ‘alaihi wa sallam tentang cara sholatnya. Maka beliau shallallahu ‘alaihi wa sallam menjawab: “Sholatlah dengan berdiri, apabila tidak mampu maka duduklah dan bila tidak mampu juga maka berbaringlah.” (HR al-Bukhari no. 1117)
Apabila melakukan shalat pada waktunya terasa berat baginya, maka diperbolehkan menjamâ’ (menggabung) shalat , shalat Zhuhur dan Ashar, Maghrib dan ‘Isya` baik dengan jamâ’ taqdîm atau ta’khîr[2], dengan cara memilih yang termudah baginya. Sedangkan shalat Shubuh maka tidak boleh dijama’ karena waktunya terpisah dari shalat sebelum dan sesudahnya. Di antara dasar kebolehan ini adalah hadits Ibnu Abas Radhiyallahu 'anhuma yang berbunyi :
جَمَعَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ بَيْنَ الظُّهْرِ وَالْعَصْرِ وَالْمَغْرِبِ وَالْعِشَاءِ بِالْمَدِينَةِ فِي غَيْرِ خَوْفٍ وَلَا مَطَرٍ قَالَ (أَبُوْ كُرَيْبٍ) قُلْتُ لِابْنِ عَبَّاسٍ لِمَ فَعَلَ ذَلِكَ قَالَ كَيْ لَا يُحْرِجَ أُمَّتَهُ
"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam telah menjama’ antara Zhuhur dan Ashar, Maghrib dan Isya’ di kota Madinah tanpa sebab takut dan hujan. Abu Kuraib rahimahullah berkata: Aku bertanya kepada Ibnu Abas Radhiyallahu 'anhu : Mengapa beliau berbuat demikian? Beliau Radhiyallahu 'anhu menjawab: Agar tidak menyusahkan umatnya." [HR Muslim no. 705]
Dalam hadits di atas jelas Rasulullah membolehkan kita menjamâ’ shalat karena adanya rasa berat yang menyusahkan (Masyaqqah) dan sakit adalah Masyaqqah. Ini juga dikuatkan dengan menganalogikan orang sakit dengan orang yang terkena istihâdhoh yang diperintahkan Nabi Shallallahu 'alaihi wa salam untuk mengakhirkan shalat Zhuhur dan mempercepat Ashar dan mengakhirkan Maghrib serta mempecepat Isya’.
Diwajibkan bagi orang yang sakit untuk shalat dengan berdiri apabila mampu dan tak khawatir sakitnya bertambah parah, karena berdiri dalam shalat wajib merupakan rukun shalat. Allah Azza wa Jalla berfirman: "Berdirilah untuk Allah (dalam shalatmu) dengan khusyu" [al-Baqarah/ 2:238]. Diwajibkan juga bagi orang yang mampu berdiri walaupun dengan menggunakan tongkat, bersandar ke tembok atau berpegangan pada tiang, berdasarkan hadits Ummu Qais Radhiyallahu 'anha yang berbunyi:

أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ لَمَّا أَسَنَّ وَحَمَلَ اللَّحْمَ اتَّخَذَ عَمُودًا فِي مُصَلَّاهُ يَعْتَمِدُ عَلَيْهِ
"Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam ketika berusia lanjut dan lemah, beliau memasang tiang di tempat shalatnya sebagai sandaran". [HR Abu Dawud & dishahihkan al-Albani dlm Silsilah Ash-Shohihah 319]. 
Demikian juga orang bungkuk diwajibkan berdiri walaupun keadaannya seperti orang rukuk. Syeikh Ibnu Utsaimin Rahimahullah berkata, "Diwajibkan berdiri bagi seorang dalam segala caranya, walaupun menyerupai orang ruku' atau bersandar kepada tongkat, tembok, tiang ataupun manusia"[3].
B.  Sholat Dengan Duduk
Orang sakit yang mampu berdiri namun tidak mampu ruku' atau sujud , dia tetap wajib berdiri. Dia harus shalat dengan berdiri dan melakukan rukuk dengan menundukkan badannya. Bila dia tak mampu membungkukkan punggungnya sama sekali, maka cukup dengan menundukkan lehernya, kemudian duduk, lalu menundukkan badannya untuk sujud dalam keadaan duduk dengan mendekatkan wajahnya ke tanah sebisa mungkin.
Orang sakit yang khawatir akan bertambah parah sakitnya atau memperlambat kesembuhannya atau sangat susah berdiri, diperbolehkan shalat dengan duduk,  kesulitan (Masyaqqah) membolehkan seseorang mengerjakan shalat dengan duduk. Apabila seorang merasa susah mengerjakan shalat berdiri, maka ia boleh mengerjakan shalat dengan duduk, berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :
يُرِيدُ اللَّهُ بِكُمُ الْيُسْرَ وَلَا يُرِيدُ بِكُمُ الْعُسْرَ
 "Allah Azza wa Jalla menghendaki kemudahan bagimu, dan tidak menghendaki kesukaran bagimu" [al-Baqarah/ 2:185].
Sebagaimana orang yang berat berpuasa bagi orang yang sakit, walaupun masih mampu puasa, diperbolehkan baginya berbuka dan tidak berpuasa; demikian juga shalat, apabila berat untuk berdiri, maka boleh mengerjakan shalat dengan duduk.
Dalam keadaan demikian, masih diwajibkan sujud di atas tanah dengan dasar keumuman hadits Ibnu Abas Radhiyallahu 'anhu yang berbunyi:
أَنَّ رَسُولَ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ قَالَ أُمِرْتُ أَنْ أَسْجُدَ عَلَى سَبْعَةِ أَعْظُمٍ الْجَبْهَةِ وَأَشَارَ بِيَدِهِ عَلَى أَنْفِهِ وَالْيَدَيْنِ وَالرِّجْلَيْنِ وَأَطْرَافِ الْقَدَمَيْنِ
 "Sesungguhnya Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda, “Aku diperintahkan untuk bersujud dengan tujuh tulang; Dahi – beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam mengisyaratkan dengan tangannya ke hidung- kedua telapak tangan, dua kaki dan ujung kedua telapak kaki"
Bila tetap tidak mampu, ia melakukan sujud dengan meletakkan kedua telapak tangannya ke tanah dan menunduk untuk sujud. Bila tidak mampu, hendaknya ia meletakkan tangannya di lututnya dan menundukkan kepalanya lebih rendah dari pada ketika ruku’.
C.  Shalat Dengan Berbaring
Orang sakit yang tidak mampu melakukan shalat berdiri dan duduk, cara melakukannya adalah dengan berbaring, boleh dengan miring ke kanan atau ke kiri, dengan menghadapkan wajahnya ke arah kiblat. Ini berdasarkan sabda Rasulullah dalam hadits ‘Imrân bin al-Hushain Radhiyallahu 'anhu :

صَلِّ قَائِمًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَقَاعِدًا فَإِنْ لَمْ تَسْتَطِعْ فَعَلَى جَنْبٍ
"Shalatlah dengan berdiri, apabila tidak mampu maka duduklah dan bila tidak mampu juga maka berbaringlah" [HR al-Bukhâri no. 1117]
Dalam hadits ini Nabi Shallallahu 'alaihi wa sallam tidak menjelaskan pada sisi mana seseorang harus berbaring, ke kanan atau ke kiri, sehingga yang utama adalah yang termudah dari keduanya. Apabila miring ke kanan lebih mudah, itu yang lebih utama baginya dan apabila miring ke kiri itu yang termudah maka itu yang lebih utama. Namun bila kedua-duanya sama mudahnya, maka miring ke kanan lebih utama dengan dasar keumuman hadits ‘Aisyah Radhiyallahu 'anha yang berbunyi:
كَانَ رَسُولُ اللَّهِ صَلَّى اللَّهُ عَلَيْهِ وَسَلَّمَ يُحِبُّ التَّيَمُّنَ فِي شَأْنِهِ كُلِّهِ فِي نَعْلَيْهِ وَتَرَجُّلِهِ وَطُهُورِهِ
"Dahulu Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menyukai mendahulukan sebelah kanan dalam seluruh urusannya, dalam memakai sandal, menyisir dan bersucinya" [HR Muslim no 396].
Melakukan ruku’ dan sujud dengan isyarat merendahkan kepala ke dada, ketentuannya , sujud lebih rendah dari ruku’.
D.    Sholat Dengan Terlentang
Orang sakit yang tidak mampu berbaring, boleh melakukan shalat dengan terlentang dan menghadapkan kakinya ke arah kiblat, karena hal ini lebih dekat kepada cara berdiri. Misalnya bila kiblatnya arah barat maka letak kepalanya di sebelah timur dan kakinya di arah barat[4]. Apabila tidak mampu menghadap kiblat dan tidak ada yang mengarahkan atau membantu mengarahkannya, maka hendaklan ia shalat sesuai keadaannya tersebut, berdasarkan firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :
لَا يُكَلِّفُ اللَّهُ نَفْسًا إِلَّا وُسْعَهَا
"Allah Azza wa Jalla tidak membebani seseorang melainkan sesuai dengan kesanggupannya" [al-Baqarah/ 2:286]
Orang sakit yang tidak mampu shalat dengan terlentang maka shalatnya sesuai keadaannya dengan dasar firman Allah Subhanahu wa Ta'ala :
فَاتَّقُوا اللَّهَ مَا اسْتَطَعْتُمْ
"Maka bertakwalah kamu kepada Allah Azza wa Jalla menurut kesanggupanmu" [at-Taghâbun/ 64:16]
Orang yang sakit dan tidak mampu melakukan shalat dengan semua gerakan di atas (Ia tidak mampu menggerakkan anggota tubuhnya dan tidak mampu juga dengan matanya), hendaknya ia melakukan shalat dengan isyarat (mengedipkan mata) dan hatinya. Shalat tetap diwajibkan selama akal seorang masih sehat. Dan Apabila shalat orang yang sakit mampu melakukan perbuatan yang sebelumnya tidak mampu, baik keadaan berdiri, ruku’ atau sujud, maka ia wajib melaksanakan shalatnya dengan kemampuan yang ada dan menyempurnakan yang tersisa. Ia tidak perlu mengulang yang telah lalu, karena yang telah lalu dari shalat tersebut telah sah.
Apabila yang orang sakit tidak mampu melakukan sujud di atas tanah, hendaknya ia cukup menundukkan kepalanya dan tidak mengambil sesuatu sebagai alas sujud. Hal ini didasarkan hadîts Jâbir Radhiyallahu 'anhu yang berbunyi:
أَنَّ رَسُوْلَ الله عَادَ مَرِيْضًا فَرَآهُ يُصَلِّي عَلَى وِسَادَةٍ فَأَخَذَهَا فَرَمَى بِهَا، فَأَخَذَ عُوْدًا لِيُصَلِّي عَلَيْهِ فَأَخَذَهُ فَرَمَى بِهِ، قَالَ: صَلِّ عَلَى الأَرْضِ إِنِ اسْتَطَعْتَ وَإِلاَّ فَأَوْمِ إِيْمَاءً وَاجْعَلْ سُجُوْدَكَ أَخْفَضَ مِنْ رُكُوْعِكَ
"Rasulullah Shallallahu 'alaihi wa sallam menjenguk orang sakit, beliau melihatnya sedang mengerjakan shalat di atas (beralaskan) bantal, beliau pun mengambil dan melemparnya, kemudian mengambil kayu untuk dijadikan alas shalatnya. Beliau Shallallahu 'alaihi wa sallam bersabda: "Shalatlah di atas tanah apabila engkau mampu dan bila tidak maka dengan isyarat dengan menunduk (al-Imâ`) dan jadikan sujudmu lebih rendah dari ruku'mu".[5]
E. Tata Cara Shalat Orang Sakit
Kalau tidak dapat berdiri boleh mengerjakannya sambil duduk. Yaitu telapak kaki kiri diduduki dan telapak kaki kanan diberdirikan (seperti saat duduk tasyahud awal atau duduk iftirasy).
1.      Membaca niat dan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan setinggi bahu (seperti shalat saat berdiri).
2.      Membaca surat al fatihah dan surat pendek atau surat lainnya yang ada didalam al qur’an yang di hafal (dilalukan seperti dalam shalat sambil berdiri).
3.      Rukuk dan tuma’ninah dengan duduk membungkuk sedikit dan membaca doa ruku’.
4.      Iktidal dan tumakninah dengan kembali ke posisi semula yaitu duduk tegak dan membaca doa iktidal.
5.      Dua sujud, duduk diantara dua sujud tasyahud awal (duduk iftisary) dan tasyahud akhir sama seperti kita mengerjakannya sambil berdiri.

Apabila seseorang yang sakit mengerjakan shalat dengan berbaring, hendaklah ia menghadap kiblat, yaini kepada berada disebelah utara dan kaki sebelah selatan.
A.  Membaca niat dan takbiratul ihram dengan mengangkat kedua tangan setinggi bahu.
B.  Bersedekap dan membaca surat al fatihah dan surat pendek lainnya yang ada didalam al-qur’an yang sudah dihafal.
C.  Rukuk dan sujud menggerakkan kepada kemuka. Pada saat sujud, kepala lebih ditundudukkan.
D.  Untuk iktidal dan duduk diantara dua sujud, cukup kembali ke posisi semula dan membaca doanya sama seperti bacaan dalam shalat berdiri.
E.   Begitu juga dengan tasyahud awal dan tasyahud akhir, cukup kembali ke posisi semula dengan membaca doanya sama seperti ketika shalat berdiri.

Shalat dengan telentang :
1.    Kedua kaki diarahkan kekiblat. Jika memugkinkan, kepada diberi bantal agar mukanya dapa menghadap kekiblat.dengan demikian kepada berada disebalah timur dan kaki sebelah barat.
2.    Bacaan dalam shalat telentang sama dengan bacaan dalam shalat sambil berdiri.
3.   Gerakan dalam shalatnya sama dengan gerakan shalat sambil berbaring.”[6]
BAB III
PENUTUP


Kesimpulan
Shalat adalah ibadah yang berhukum wajib. Wajib untuk dilaksanakan oleh setiap kaum muslim, baik laki- laki maupun perempuan, yang telah terhukum wajib untuk melaksanakan. Oleh sebab itu. Sholat harus dilaksanakan, meskipun itu dalam kondisi tidak sehat atau sakit. Karna disaat sakit dan tidak bisa berdiri atau tidak sanggup berdiri maka diperbolehkan untuk sholat dengan duduk, begitu juga jika tidak mampu dengan duduk, maka boleh dilaksanakan dengan berbaring dan jika bebaring tak mampu untuk melaksanakan maka diperbolehkan dengan berbaring.karna agama islam adalah agama yang mudah dan tidak pernah mempersulit pemeluknya.
Orang sakit yang khawatir akan bertambah parah sakitnya atau memperlambat kesembuhannya atau sangat susah berdiri, diperbolehkan shalat dengan duduk, 
Orang sakit yang tidak mampu melakukan shalat berdiri dan duduk, cara melakukannya adalah dengan berbaring, boleh dengan miring ke kanan atau ke kiri, dengan menghadapkan wajahnya ke arah kiblat
Orang sakit yang tidak mampu berbaring, boleh melakukan shalat dengan terlentang dan menghadapkan kakinya ke arah kiblat, karena hal ini lebih dekat kepada cara berdiri.









DAFTAR PUSTAKA


Amir Abyan, Zainal Muttaqim. 2004. Fiqih. Semarang: PT Karya Thoha Putra.
Andres Anwarudin, DKK. 2007. Fiqih. Jakarta: Yudhi Tira.




[1] Fatawa Lajnah ad-Daimah 9/70 (no. 10527)
[2] Manhaj as-Salikin hal.82
[3] Syarhu al-Mumti’ ‘Ala Zaad al-Mustaqni’ 4/459
[4] Ibid 4/465
[5] HR. al-Baihaqi dalam sunan al-Kubro 2/306 dan syaikh al-Albani dalam silsilah ash-Shahihah no.323 menyatakan: yang pasti bahwa hadits ini dengan kumpulnya jalan periwayatannya adalah shahih
[6] Imam Mujtaba, DKK, Fiqih, Jakarta, 2007, hal.63-66


Fiqih Semester 2/2016
Author Image
AboutDika Ayu Rahmawati

Soratemplates is a blogger resources site is a provider of high quality blogger template with premium looking layout and robust design

No comments:

Post a Comment